Kenaikan gaji dan pemberian gaji ke-13 pada 2009

menjanjikan kenaikan gaji dan pemberian gaji ke-13 bagi PNS, TNI dan Polri pada 2009

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah kembali menjanjikan kenaikan gaji dan pemberian gaji ke-13 bagi PNS, TNI dan Polri pada 2009 untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.”Ini sebagaimana keinginan presiden yang meminta bahwa selama beliau menjadi pemimpin, upah rill PNS harus semakin sejahtera, termasuk TNI dan Polri,” kata Menkeu, saat menyampaikan pengarahan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2008 di Jakarta, Selasa (6/5).

Dikatakannya, saat awal pemerintahan Presiden Yudhoyono, upah terendah untuk PNS adalah sekitar Rp700 ribu per bulan, sedangkan saat ini berada pada sekitar Rp1,6 juta per bulan.

“Upah terendah itu bagi PNS dengan nol pengalaman dan merupakan kelompok terendah,” katanya.

Presiden sendiri, katanya, meminta agar upah terendah bisa naik menjadi sekitar Rp2 juta per bulan.

Meski demikian, Menkeu tidak menjelaskan berapa persen kenaikan gaji tersebut akan diberikan pada tahun depan. (*/lin)(kapanlagi.com)

57 Responses to “Kenaikan gaji dan pemberian gaji ke-13 pada 2009”

  1. Syukurlah.. akhirnya kenaikan gaji pns yg tertuang dalam PP Nomor 8 Tahun 2009 tentang Peraturan Gaji PNS udah ditandatangani Presiden tanggal 16 Januari 2009 yang lalu..

    PP No.8 2009 dan daftar gaji pokok pns berdasarkan PP tersebut dapat download disini
    http://rapidshare.com/files/201836436/GajiPNS2009.rar

  2. jgn cuma janji doannk…anak kecil pun bisa ngomong !!

    klu emang gaji itu naik.. bukan hanya PNS tapi POLRI pun tlg di perhatikan…sangat penting untuk kesejahteraan anggota apalagi yang membutuhkan, dengan begitu menambah semangat kerja atau motivasi kerja.

    terima kasih atas perhatiannya.

  3. Alhamdulillah….naikin lagi donk biar genap 30%…

  4. tp kpn bos di bayarkan????/

  5. TU CUMA KOAR-KOAR AJA
    KASIAN TUH MAMA SAYA NUNGGUIN GAJI KE-13 GA KUNJUNG KLUAR

    DASAR BIROKRASI!!!!!!!!!!!!

  6. alhamdulilah…

    tapi tolong buktinya ya

    janji2 aja mah dah kenyang….

  7. Gimana ya, baru isu gaji naik barang sudah pada naik, kemudian gaji benar2 naik barang2 ikutan naik lagi, yang kasihan orang tidak punya pekerjaan.

  8. iraha atuh dibagikeuna???

  9. Alhamdulilah…..mudah-mudahan saya ga selalu utang…utang terus dikoperasi saya!! cape…Dechhhh!!! cepet cairkan donk biar saya bisa bayar utang ke BRI & koperasi udah nunggu lama dari bulan januari sampe sekarang belum di bayarin. Itukan bisa meringankan beban saya.

  10. bos, kapan gaji ke-13 dapat diterima PNS/TNI/POLRI ?

  11. Alhamdulillah smoga cepet aja cair nichhh tuk biaya sekolah adik-adik, ortu agak longgar bila cair bulan juni 2009 terima kasih pemerintahan SBY maju terus wong deso 180% dukung poooooollllllll coyyy

  12. terima kasi,mestinya gaji u/ PNS/TNI/POlRI,nilai yang diterimakan harus di sesuaikan dg banyaknya kgiatan dan resiko yang di hadapi,klu tiap hari cm kerja cm cabutin rumput ngapain di tambah?

  13. alhamdulillah…..tp bgmn caranya agar kenaikan gaji tdk dibarengi/didahului kenaikan hrg barang???

  14. kapan gaji ke 13 anggota Polri cair, kira-kira bulan apa ?

  15. JANGAN HANYA HAK YANG DI MINTA , TAPI MARI KITA LAKSANAKAN KEWAJIBAN NYA…..KASIAN RAKYAT YANG MEMBAYAR KITA

  16. Saya sendiri jadi pegawai mengucapkan syukur, tapi meski sudah terima saya masih kasihan dengan mereka yang tidak dapat. Bagaimana untuk pejabat yang mendapatkan tunjangan jabatan lebih dari 1 juta sampai puluhan juta gaji ke 13 nya di infaq-kan untuk pegawai yang masih menjadi boker atau belum jadi PNS? Setuju nggak ya?

  17. kalo bisa gaji polisi dinaikan sekarang - sekarang biar ga banyak yang melanggar…

    Udah tau Polisi yang raja tukang tilang Eeeehhhh tau nya Polisi juga yang ngeluarin…..?

    kan ga enak tuch didengernya ma kita2……

    tw ga POLISI tuch kenapa banyak yang melanggar kesalahan…..?

    karena gajinya kecil tuch……

    saya aja yang ngeliat kaka saya yang jadi polisi dah hampir mampus dia kalo tgl-tgl TUA kayak gini…..

    mendingan kaya gua jadi anak sekolah tinggal minta duit jajan ma Nyokap n Bokap……

    dari pada kayak kakak gw….

    TGL TUA ………..?

    capek dech……..

    minta terus ma Nyokap-Bokap….

  18. kapan Ya Gaji Suamiku naik 100%….

    Suamiku kasian setiap tanggal tua dia selalu aja uring - uringan nyari duit kan kasian dia…….?

    untungnya aku bantu dengan buka usaha warung di rumah sedikit - sedikit…..

    tapi agak - agak sedih juga euy…..

    kalo liat suami jadi pgn nangis……

  19. Gaji 13 itu apaan sih?

  20. hakim sebenarnya pns ato pejabat negara? kalo pns kenapa kenaikan gaji pns hakim tidak ikut? kalo pejabat negara kenapa gajinya pns. kacian deh hakim-hakim indonesia

  21. Aduh..pada ngomongin apaan sih asik bener. Tenang bulan depan semua boleh lega,shoping2 .

  22. Siapa yg mau gaji ke 13 kawin dulu ma PNs spt aku..hik..hik iklan ni.

  23. tolong, gaji 13 segera di cairkan!!! kalau bisa awal juni, jangan cuma janji2 doank!!!! karena itu adalah harapan untuk biaya sekolah anak kami!!

  24. Alhamdulillah…. mudahan terlaksana.

  25. sabar teman2 ku seluruh nkri gaji 13 pasti keluar 2009

  26. bersyukurlah atas yg apa telah kalian dapatkan..
    jangan cuma bisa mengeluh..
    pandai2 lah mengatur keuangan, jangan sampai tanggal tua sudah kehabisan.pasti bisa kok.ok

  27. emank bnar tuh gaji 13 paan seh..?? mana gaji yg laen 1,2,3..mpe 12..klu hnya janji doank..paan …ngibul mulu..kna sial dunk..kan angka 13 hehehe

  28. kasian melihat gaji penegak hukum di Indonesia, kenapa ya gaji polisi kecil? gaji hakim yang sudah kecil malah tidak naik tahun 2009? biar semua tahu, gaji hakim golongan III/b hanya sekitar 2 jt, dan tunjangannya untuk golongan III/b hanya 850 rb, jadi kalau dibandingkan dengan gaji+tunjangan+insentip Camat, sudah pastilah lebih besar penghasilan CAMAT, heran ya? padahal camat itu hanya pejabat kecamatan, sedangkan Hakim itu adalah Pejabat Negara? koc lebih besar Camat Ya? heran.. heran.. hakim, polisi, Jaksa penghasilannya lebih kecil dari Camat,

  29. Alhamdulillah, semoga saja Gaji ke 13 bisa turun pada bulan Juni 2009 dengan harapan untuk menunjang biaya pendidikan anak-anak sekolah.
    Diharapkan juga kenaikan gaji Polri yang mencapai minimal 7 juta segera akan terealisi untuk mewujudkan kenyataan yang selama ini masih dalam harapan.
    Namun demikian saya selaku anggota Polri tidak patah semangat untuk tetap exis dalam bidang pengabdiannya walaupun belum ada keputusan kenaikan gaji tersebut.
    Terimakasih, Hormat kami : AIPTU BAMBANG SUHARDJI, Anggota Polsek Karanganyar, Polres Karanganyar, Polwil Surakarta.

  30. mudah-mudahan gaji ke-13 cair awal bulan ini. untuk tambah bayar utang. makasih Ya Allah! Allahu Akbar! Hidup Indonesia tercinta.

  31. setelah itu gaji ke 15 yakz

  32. kenaikan bagus…. tapi banyak yg tdk menyukuri… tdk samanya uang makan yang diterima PNS dan TNI/Polri apa tdk bisa di samakan.. bagi sy sedikit banyak tetap bersyukur yang penting halal.

  33. Saya sangat bersyukur akan adanya kenaikan gaji minimal 2 jt itu menurut ucapan dan janjinya Bapak SBY, semoga apa yang diucapkannya menjadi nyata dan tepat tidak hanya janji dan ucapannya saja…dan saya juga berharap semoga gaji ke 13 segera teralisasi pada bulan juni 2009 ini karna kebutuhan sangat mendesak dan urgen. thank u buat Bapak kita semoga sukses. Amien

  34. kok pemerintah bilang gaji PNS terkecil 1,6 jt, bo’ong tuh yg bener 910.000 gimana sich (PP no. 8 th. 2009)

  35. klu POLRI aja gajinya mau naik sampai 7 jt gimana dengan TNI
    ?KLu POLRI 7 jt ya TNI juga donk!!! supaya adil kasihan rekan2 TNI khususnya yg ada diperbatasan menjaga kedaulatan N keutuhan NKRI ini.Klu cuma tugas di polsek Karanganyar aja bpk ( AIPTU AIPTU BAMBANG SUHARDJI, Anggota Polsek Karanganyar, Polres Karanganyar, Polwil Surakarta)harus bersyukur sekali dengan gaji bpk sekarang ini

  36. Pa daftar ulang 750000, buku 600000, seragam 400000,….bayar sekarang dong pa….kapan bapa dapat gaji ke 13…..

  37. Buat PNS, TNI, POLRI. Apakah sudah memberikan yg terbaik u rakyat? Jangan hanya mengeluh gajinya kecil, banyak rakyat yg jauh lebih melarat. KEPALANYA JANGAN HANYA MENOLEH KE ATAS MULU, SEKALI-SEKALI NUNDUK. Lihat rakyat kecil.. Syukuri apa yang tlah didapatkan.

  38. Thank you pa sby?
    Gaji ke 13 muach

  39. bagaimana perkembangan remunerasi? jangan cuman jadi gosip doank!!!! bikin hati senang sesaat, padahal belum ada implementasinya.

  40. Alhamdulillah, semoga menjadi kenyataan. Lanjutkan program-program yang membuat rakyat sejahtera apalagi buat Pegawai Negeri Sipil.

  41. urut dada gaji hakim kagak naik, apa maksudnya euy ?! Pdhal kami pindah2 3 th sekali, ga balik modal tau! Beli kasur, kompor, panci! Belum biaya anak sekolah, diskrimitatif bgt seh! Pejabat negara kok miskin! Pangkat jendral gaji kopral!

  42. kenaikan gaji memang dinantikan semua pihak, tapi sebenarnya berapun yang kita terima harus tetap kita syukuri, dan perlu diingat jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang ok.

  43. Alhamdulillah wasyukri “alaa ningamillah.

    SING PADA SABAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAARRRRRR, TUNGGU SAJA PADA SAATNYA PASTI DIBAGIKAN, TIDAK USAH ADA POTONG-POTONGAN. SEMUANYA DIBAGIKAN SESUAI PORSINYA MASING-MASING.

  44. Jangankan sebesar uang makan TNI/Polri! Di kabupaten Blitar
    itu lho tidak ada sama sekali. Kalau dikota Blitar, oke !

  45. sok lah ku abah di dukung mudah2an bln juni katanya!! hehehe..

  46. Ndak ado bana gaji 13, ndak ba’e do..
    yg penting remunerasi manarimo…

  47. kapan gaji ke 13 pastinya keluar.soalnya anak saya uda mau masuk sekolah neh….

  48. kapan ne gaji 13 polri trun?
    Ku g trun2 yah..

  49. Kumaha atuh PNS mah nunggu pisan, jangan jadi momentum pilpres pak, pak pasti lanjutkeun ……..

  50. alhamdulillah kalo bener gaji mau naik, tapi kapannnnnnnnn ???????

  51. muhun bah iraha ? bade kamana kitu aya ke 13 teh ?

  52. Alhamdulillaaah bana…. gaji ka tigo baleh ado juo,,, tapi bilo dibagikannyoooooooooo,,
    awak alah mananti-nanti untuak biaya sikolah anak-anak.
    yang ciek masuak Es De, yang ciek Naik kelas,
    bali baju saragam, bali buku, bali tas, bali
    sipatu en so on. pusiang kapalo awak kini….

  53. mimpi aja gaji naik…..ga bakalan tuh gaji polri dan Tni naek emang duit dr mana?dr hoonggggkong kaleeeeeeeee……..

  54. Ujung2na duit..Gmana anak2 jalanan dpt gaji ke 13 coba..?Gmana pengemis dapet naik gaji?
    Bersyukur dkt wat mreka knpa..

  55. wah kapan donk keluar…
    masak bokap dari kemaren tuh nungguin keluarnya…
    truz kalo gak keluar aku gak dapet kiriman,,
    wah nasib kok kayak gini,,,,
    pemerintah tuh kalo ngasih janji tuh mbok yang jelas,,, keluarnya kapan,,,
    jadi gak bikin bingung yang di bawah ini,,,
    gara2 nungguin gaji 13 aku mesti ngutang sana-sini,,…
    taon depan ganti aja presiden nya,,,
    cuma perintah aj susah,,,
    PNs gaji kecil,,,
    la kalo presiden gak kerja cuma merintah bawahan aj gajinya gede,, gak adil,,
    kasian kita donk pa ,, PRESIDEN,,!

  56. merdeka,pak SBY.jgan cuman janji doank.
    tolong di perhatikan kesejahtraan polri.BRAVO……

  57. gw setuju bgt klo gaji polri di naikan,karna untuk menghindari sifat negatif yg ada saat ini tp ingat…!!!
    pa polisi setelah gaji naik kerja yg benar jgn n mematuhi peraturan yg berlaku trz yg salah ditindak tegas supaya hukum dinegara ini lebih d tegakan ‘gitu lhoo…..

Leave a Reply